Uji Coba Program Kecerdasan Buatan Antara Google dan Facebook

kecerdasan buatan milik google dan facebook diuji coba

BeritaSeleb.com – Google telah menciptakan program kecerdasan buatan (AI) yang cukup canggih untuk menguasai perkembangan AI untuk game, kerja keras Google tersebut berhasil mengalahkan AI yang dibuat oleh Facebook.

Permainan cina klasik telah lama dimungkinkan untuk dikolaborasikan dengan AI, karena akan lebih sulit dimainkan daripada permainan catur karena dapat menghasilkan skenario permainan yang baru.

Sekarang, DeepMind mengkaim telah menciptakan sebuah perangkat lunak yang mampu mengalahkan kemampuan manusia dalam bermain game. Perangkat lunak tersebut berhasil menjadi pemenang dalam kontes Kecerdasan Buatan Go Eropa ke lima.

Demis Hassabis, co-founder dan chief executif dari Deep Mind, mangatakan “tingkat Kompleksitas ini adalah apa yang membuat komputer sulit untuk bermain game, dan itu merupakan sebuah tantangan untuk meneliti ledih jauh mengenai kemajuan Kecerdasan Buatan, yang menggunakan game sebagai ajang pengujian untuk kecerdasan buatan. Algoritma yang fleksibel yang dapat mengatasi masalah, kadang-kadang dengan cara yang mirip dengan perilaku manusia tetapi sampai saat ini AI GO telah menggagalkan beberapa peneliti kecerdasan buatan, komputer masih hanya bermain secara amatir tampa AI GO.

Baca Juga :   Kecerdasa Buatan Milik Facebook Lebih Pintar Dari Manusia

Sistem dari AlphaGo merupakan gabungan dari pencarian pohon atau advance tree search dengan jaringan saraf tiruan atau Neural Network. Dari pada menggunakan metode kecerdasan buatan yang masih tradisional seperti pencarian dengan 1 tree atas berbagai kemungkinan.

Jaringan saraf tiruan pada IA ini telah melalui training atau masa pembelajaran pada setiap kemungkinan hingga 30 juta posisi, sehingga mampu mempredikasi pergerakan atau cara bermain manusia hingga 57 persen lebih cepat dan tepat. Kemudian pada saat bermain AI ini akan terus menjalani pembelajaran sehingga dapat menyesuaikan dengan strategi bermain hingga ribuan kemungkinan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg baru saja kemarin mengumumkan bahwa tim riset perusahaan ini juga telah bekerja untuk menciptakan AI yang mempu mengalahkan manusia dalam bermain game.

“Para ilmuwan telah mencoba untuk mengajar perkembangan sistem kerjadari komputer untuk menang di Go selama 20 tahun,” katanya. “Kami semakin dekat, dan dalam enam bulan terakhir kami telah membangun sebuah AI yang dapat membuat bergerak secepat 0,1 detik dan masih sebaik sistem sebelumnya yang waktu bertahun-tahun untuk membangun.” Ungkap Mark menjelaskan AI yang perusahaannya sedang garap.

Baca Juga :   Polytron Kembangkan Fira OS, Android Sesuai Kebutuhan Pengguna di Indonesia

Zuckerberg sebelumnya mengumumkan ia akan membuat asisten AI sendiri pada tahun 2016, meskipun ini akan menjadi sistem ‘sederhana’ yang dirancang untuk membantu dengan tugas-tugas di tempat kerja dan di sekitar rumah.

Tahun lalu, tim visi komputer Facebook menciptakan bot yang mengandalkan teknologi pencocokan pola, mampu belajar prediktif, dengan tingkat 90 persen akurasi dalam menentukan hasil.

“Kami sangat senang telah menguasai Go dan dengan demikian mencapai salah satu tantangan terbaru AI,” Google Hassabis lanjut. “Namun, aspek yang paling penting dari semua ini bagi kita adalah bahwa AlphaGo bukan hanya sistem ‘pakar’ yang dapat membangun dengan aturan yang telah dipelajarinya, melainkan menggunakan teknik pembelajaran mesin umum untuk mencari tahu sendiri bagaimana untuk menang di Go.

“Sementara permainan platform yang sempurna untuk mengembangkan dan menguji algoritma AI cepat dan efisien, pada akhirnya kita ingin menerapkan teknik ini untuk masalah penting yang kita hadapi di dunia nyata. Karena metode kami telah digunakan adalah tujuan umum, harapan kami adalah bahwa suatu hari mereka dapat diperpanjang untuk membantu kami mengatasi beberapa masalah terberat dan paling mendesak dalam masyarakat, dari pemodelan iklim untuk analisis penyakit yang kompleks dan lainya. “

Baca Juga :   Universitas Harvard Sumbang 28 miliar Dollar untuk penelitian Kecerdasan Buatan AI

AlphaGo akan memainkan lima pertandingan tantangan pertandingan melawan Lee Sedol, atas pemain Go World, pada bulan Maret.

Beritahu Kami Perasaan anda
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid