Zaskia Gotik, KPI Tegaskan Minta Maaf Saja Tidak Cukup

Zaskia Gotik, KPI Tegaskan Minta Maaf Saja Tidak Cukup

Berita Selebritis, Beritaseleb.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya turun tangan terkait dugaan Zaskia Gotik menghina lambang Negara. Setelah melayangkan surat peringatan kepada acara tv Dahsyat di RCTI, KPI juga baru-baru ini melayangkan surat peringatan kepada Zaskia Gotik. Karena insiden pelecehan lambang Negara oleh Zaskia, para Host acara Dahsyat juga di panggil oleh kepolisian untuk di mintai keterangan serta KPI juga melayangkan teguran keras tertulis.

KPI mengirimkan teguran tertulis untuk acara Dahsyat yang telah menayangkan sesi kuis bersama geng cecepy (Ayu Ting-ting, Zaskia Gotik dan Julia Perez) dikarenakan penayangan Zaskia Gotik yang diduga menhina lambang Negara. Menurut KPI, penayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14, Pasal 21 Ayat (1), dan Pasal 37 dan Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 Ayat (2), Pasal 15 Ayat (1), Pasal 37 Ayat (4) huruf a, dan Pasal 54 Ayat (1).

Baca Juga :   Stres di Penjara, Saipul Jamil Pernah Hampir Bunuh Diri

“KPI Pusat menilai jawaban-jawaban tersebut menghina dan merendahkan kehormatan lambang negara serta melecehkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas norma kesopanan, perlindungan anak-anak dan remaja, penggolongan program siaran, serta penghormatan terhadap lambang negara.” Berita peringatan KPI terhadap acara Dahsyat.

KPI juga mengingatkan kepada Zaskia Gotik bahwa dirinya dinilai telah melanggar Undang Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta lagu kebangsaan Pasal 68 dengan ancaman pencaran 5 tahun dan denda. Walaupun Zaskia Gotik telah minta maaf kepada seluruh pihak yang merasa di rugikan dan merasa bersalah dengan perbuatannya, Namun tetap akan ada tindakan hukum baginya.

 “Meskipun yang bersangkutan (Zaskia Gotik) melalui program “Dahsyat” yang disiarkan oleh RCTI pada tanggal 16 Maret 2016 telah melakukan permintaan maaf secara langsung kepada seluruh masyarakat Indonesia, kami tetap mengingatkan bahwa perbuatan menghina dan merendahkan kehormatan lambang negara dapat berimplikasi pada ancaman pidana penjara dan denda” Surat teguran KPI untuk dahsyat dan Zaskia Gotik.