Aneh! Film Indonesia Ini Masuk Nominasi Oscar Tapi DILARANG Tayang di Indonesia

Aneh! Film Indonesia Ini Masuk Nominasi Oscar Tapi DILARANG Tayang di Indonesia

Berita Selebriti, Beritaseleb.com – Ajang Academy Awards atau Oscar merupakan salah satu tujuan dan harapan seluruh aktris dan pemain film dunia. Dalam ajang ini banyak kategori yang diperlombakan untuk mencari karya yang terbaik dari terbaik lainnya diseluruh dunia. Academy Awards 2016 juga seharusnya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia, karena salah satu film indonesia yang masuk dalam nominasi dalam ajang Oscar 2016 ini.

Film Indonesia yang masuk dalam nominasi Oscar 2016 itu merupakan film yang berjudul Senyap atau The Look of Silence yang masuk dalam kategori sebagai film dokumenter terbaik tahun 2016. Tetapi sungguh disayangkan tidak banyak orang Indonesia yang mengenal dan mengetahui salah satu film terbaik indonesia 2016 ini, karena film The Look of Silence ini dilarang tayang di Indonesia karena beberapa alasan. Masi simak beberapa fakta dibawah ini.

  1. Film Senyap merupakan Film Dokumenter Tentang Pembantaian Massal tahun 1965
film indonesia yang berjudul senyap raih penghargaan nominasi Oscar 2016 sebagai film dokumenter terbaik

film indonesia yang berjudul senyap raih penghargaan nominasi Oscar 2016 sebagai film dokumenter terbaik

Tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui film The Look of Silence atau dalam bahasa Indonesianya Senyap ini, namun filn ini sanga populer pada era tahun 2014 an. Film dokementer ini di sutradarai oleh Joshua Oppenhiemer yang berasal dari Amerika Serikat. Ternyata dibalik judulnya Senyap ada sebuah cerita dalam film ini yang sangat mengusik dan menjadi perdebatan panjang di Indonesia hingga pelarangan tayang.

Baca Juga :   Sutradara Bocorkan Pemeran Dono, Kasino, Indro di Film Warkop DKI Baru

Film Dokementer terbaik 2016 ini berlatar di Sumatera Utara yang mencoba menceritakan kembali kejadian pembantaian masal tahun 1965 di Indonesia. Dalam film tersebut mengisahkan seorang pria yang bernama Adi yang merupakan salah seorang keluarga dari korban yang dituduh sebagai anggota PKI. Selain itu dalam film Senyap ini juga menggambarkan pelaku pembantaian yang terjadi ketika peristiwa G30S PKI yang terjadi dalam sejarah bangsa Indonesia.

2. Alasan Lembaga Sensor Film Larang Film Senyap Tayang di Indonesia
film the look of silent yang di suteradaaai joshua Oppenherimer

film the look of silent yang di suteradaaai joshua Oppenherimer

Setelah proses produksi yang memakan waktu hingga 3 tahun, akhirnya film Senyap akhirnya telah rangkum di produksi hingga pada pertama kali di tayangkan pada 28 agustus 2014 di Venezia. Sedangkan di Indonesia sendiri penayangan serentak di seluruh bioskop tanah air pada tanggal 10 November 2014 yang saat itu bertepatan dengan hari HAM sedunia.

Baca Juga :   Kisah Rangga dan Cinta di Trailer Film Ada Apa dengan Cinta? 2

Tetapi sangat disayangkan, Lembaga Sensor Film atau LSF Indonesia melarang penayangan di seluruh Bioskop tanah air setelah film itu di tayangkan hanya 19 hari. Larangan pemutaran film Senyap di indonesia oleh LSF juga ditujukan kepada siapa saja dan untuk apa saja baik untuk hiburan maupun pendidikan.

3. Alasan Kenapa Pemutaran Film Senyap Dilarang di Indonesia?

Film Senyap merupakan karya sutradara asal Amerika, Joshua yang merupakan film lanjutan dari seri sebelumnya yang berjudul Jagal, Film yang berdurasi sekitar 98 menit itu menuai kritikan dan sorotan dari para sejarawan tanah air yang mempunyai kekhawatiran.

Larangan pemutaran film Senyap di Indonesia itu karena beberapa alasan kuat, salah satunya adalah para sejarawan khawatir nantinya masyarakat akan salah paham mengenai sejarah yang ada di Indonesia. Sehingga berujung pada pelarangan pemutaran film Senyap di seluruh Bioskop Indonesia hingga oknum-oknum lainnya dengan tujuan apapun.

Baca Juga :   Warcraft Movie Review: Perang Manusia dan Orc
4. Ditolak di Indonesia, Film SenyapBerjaya di dunia Perfilman Internasional
film the look of silent yang di suteradaaai joshua Oppenherimer

film the look of silent yang di suteradaaai joshua Oppenherimer

Walaupun menuai kritikan dan sorotan tajam dari Indonesia mengenai Film Senyap, Joshua ternyata tidak mau berkecil hati. Terbukti dengan dia tetap mempertahankan karyanya itu supaya bisa di lihat dan di sebar ke seluruh dunia. Namun dalam perjalanannya, film senyap rupanya menjadi nominasi film dokumenter terbaik dalam beberapa ajang internasional.

Joshua telah mengantongi 20 penghargaan bergengsi berkat karyanya dalam film Senyap. Seperti yang ia terima pada tahun ini, film senyap karya Joshua masuk dalam nominasi piala Oscar 2016 sebagai salah satu Film Dokumenter Terbaik 2016. Film Senyap harus bersaing dengan beberapa film dokumenter terbaik lainnya seperti What Happened Miss Simone, Amy, Winter’s On Fire:Ukraine’s Fight for Freedom dan Cartel Land.

Dan bagaimanapun film ini merupakan salah satu kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena telah membawa namanya ke ajang perfilm an Internasional walaupun di larang tayang di Indonesia sendiri. Jika menurut anda alasan larangan tayang di Indonesia film ini masuk akal jangan lupa tulis pendapat anda di komentar di bawah.

Beritahu Kami Perasaan anda
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid